
DPM-PTSP Pekanbaru Raih Penghargaan Peringkat I Kategori "A" Pelayanan Prima
PEKANBARU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru meraih penghargaan terbaik peringkat I kategori "A" Pelayanan Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI).
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB Azwar Anas, dan diterima langsung oleh Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution dalam acara Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi kategori Pemkab/Pemkot DPM-PTSP Pelayanan Prima Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2022, Selasa (8/12/202) di Jakarta.
Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Akhmal Khairi yang ikut .endampingi Pj Wali Kota Pekanbaru, mengatakan, DPM-PTSP Pekanbaru menerima penghargaan tersebut setelah memenuhi kriteria pelayanan paripurna dari seluruh indikator, yang harus dimiliki unit pelayanan publik.
“Tentunya ini sangat membanggakan. Karena berarti peningkatan kualitas pelayanan terus meningkat dari hasil evaluasi selama beberapa tahun terakhir. Dengan komitmen pen8ngkatqn pelayanan tersebut, DPM-PTSP Pekanbaru memperoleh peringkat I Nasional , nilai sangat baik atau bernilai A,”katanya, Selasa (8/12/2022).
Ia menerangkan, fasilitas di MPP Pekanbaru tergolong lengkap. Selain fasilitas umum, juga tersedia fasilitas bagi penyandang disabilitas. Mulai dari jalur tunanetra, toilet untuk difabel, alat bantu dengar, Perpustakaan, hingga bagi fasilitas bagi menyusui seperti ruang laktasi dan ganti popok.
"Kita terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi segala golongan masyarakat, serta tetap informatif melalui berbagai media. Bahkan, saat dilakukan penilaian tersebut, setidaknya telah lahir beberapa inovasi baru yang memberikan kemudahan kepada masyarakat," ujar Akhmal.
Ditambahkannya, MPP Pekanbaru akan menjadi role model pelayanan publik digital untuk kategori Pemkab dan Pemko se-Indonesia.
Ia melanjutkan, keberhasilan DPM-PTSP tak lepas dari dukungan dan komitmen Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP.
“Pak Pj Wali Kota terus mendorong agar kita memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat," katanya.
Pj Wali Kota sendiri, menegaskan, untuk seluruh OPD memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Untuk DPM-PTSP Pekanbaru teruslah berinovasi dan meningkatkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat," ujarnya
Disisi lain, Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widiantini mengatakan, dari hasil evaluasi tahun 2022, yang di mulai dari bulan Juli sampai Dengan November 2022 terdapat sebanyak 228 penghargaan yang di berikan kepada Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) di tingkat pemerintah daerah mendapatkan predikat pelayanan prima dari 1061 Usulan Unit Kerja kementerian/provinsi dan Kabupaten/kota. Bahkan pihaknya, juga mengapresiasi atas pencapaian pemerintah daerah atas hasil evaluasi pelayanan publik.
"Yang penting, tolong dipertahankan prestasi ini. Mudah-mudahan akan ada hikmah dari semua kepala daerah. Semua instansi di kementerian/lembaga untuk bisa cepat mengambil keputusan mengutamakan melayani masyarakat dan mempercepat perizinan,” kata Azwar Anas
"Hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2022 menunjukkan bahwa penyelenggara pelayanan publik terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat," tutupnya.
Berita Lainnya
Pj Wali Kota Pekanbaru Buka Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi RT, RW dan LPM
Wali Kota Pekanbaru : Estetika Kota Itu Penting, Mari Jaga Bersama