Teks foto: Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) didampingi Sekdako Pekanbaru M Jamil MSi meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)

Asdep Kemenpan RB Tinjau Layanan MPP dan Disdukcapil


PEKANBARU - Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Dari hasil peninjauannya, MPP dan Disdukcapil menjadi kebanggan dan dijadikan rujukan bagi pemerintah daerah lain. 

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kemenpan RB Noviana Adrian usai peninjauan, Selasa (8/6/2021), mengatakan, MPP ini sudah sesuai komitmen kepala daerah dan jajarannya. Namun, pelayanan harus terus ditingkatkan.

"Saya sempat berdialog dengan salah seorang warga yang mengurus perpanjangan SIM di MPP. Mereka perpanjangan SIM di MPP karena nyaman dan sejuk. Jadi, mereka senang," ungkapnya yang didampingi Sekdako Pekanbaru M Jamil MSi saat melakukan peninjauan.

Noviana sengaja membawa lima staf guna melihat MPP yang telah menjadi role model bagi kabupaten dan kota lainnnya. Bagi Kemenpan RB, MPP Pekanbaru ini menjadi sebuah kebanggaan di tingkat nasional. 

"Seharusnya, warga Pekanbaru bangga telah memiliki MPP. Saya dan staf juga meninjau pelayanan di Disdukcapil," ucapnya. 

Sebelumnya, gedung lama Disdukcapil sempit dan panas. Ruangan yang sempit dan panas membuat petugasnya tak ramah. 

"Kini, pelayan Disdukcapil tetap terjaga dan terus berkembang," sebut Noviana. 

Rencana lain, kawasan pujasera akan dibangun Pemko Pekanbaru di belakang Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Keberadaan pujasera ini guna mengurai kerumunan warga di Disdukcapil. 

"Saat MPP akan diresmikan, pujasera direncanakan dibangun di bagian belakang oleh wali kota. Saya melihat rencana itu cocok sekali," kata Noviana Adrian usai peninjauan.

Hal ini sangat cocok sekali bagi warga yang antre di Disdukcapil. Karena, pelayanan Disdukcapil ramai sekali.

"Keramaian ini bisa dipecah agar warga bisa makan dan minum di pujasera. Sehingga, mereka tak menumpuk di dalam gedung Disdukcapil," ucap Noviana. 

Apalagi, saat ini tengah pandemi corona. Warga juga terbantu mencari makanan sembari menunggu pelayanan. 

"Hasil pantauan tadi, pelayanan di Disdukcapil sudah luar biasa.  Ruangan menyusui dan toilet terjaga dengan baik. Mudah-mudahan tetap terjaga dengan baik, tak hanya sarana dan tempat tapi juga pelayanannya," harap Noviana. 

Ditempat yang sama, M Jamil MSi selaku Sekdako Pekanbaru, mengatakan, Pemerintah Kota berkomitmen dalam peningkatan layanan publik. Ia menyebut pemerintah berencana melakukan pengembangan terhadap MPP.

"Ada rencana kita kembangkan layanan di MPP, agar layanan lebih optimal. Tadi juga ada masukan dari tim Kemenpan RB, akan kita tindak lanjuti juga," paparnya.

M Jamil,  menyebut, proses pengembangannya digesa tahun ini. Ada juga, pengembangan untuk sejumlah instansi membutuhkan ruangan.

Listrik Indonesia


Tim Redaksi

Tulis Komentar

Terkini

Terpopuler

Jasa Backlink Media Nasional
Jasa Media Placement
Jasa Press Release Murah